Wednesday, April 20, 2016

Laporan kunjungan industri 2015

DISUSUN OLEH:RAGIL RAMADHON
KELAS:XI KULIT B




Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar belakang ……………………………………………………………………………………………………..1
2. Tujuan …………………………………………………………………………………………………………………1
3. Manfaat ……………………………………………………………………………………………………………….2
Bab 2
Laporan bali secara umum.....................................................................................
Laporan kunjungan industri.........................................................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………………………………………………………………..24
B. Saran ………………………………………………………………………………………………………………25


Kata pengantar
Puji dan syukur saya ucapkan kepada allah swt yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya,sehingga saya dapat menyusun laporan kunjungan industri sesuai rencana
Karya tulis sederhana ini kami susun dalam rangka memenuhi tugas akhir.dan Tiada gading yang tak retak, begitu pula dengan karya tulis ilmiah ini. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, segala kritik serta saran yang membangun dari para pembaca akan penulis terima dengan lapang hati sehingga bisa menjadi sebuah pelajaran bagi penulis agar kelak penulis dapat membuat dengan lebih baik lagi. kata pengantar ini saya buat,semoga bermanfaat khususnya bagi diri pribadi saya dan pembaca pada umumnya

Yogyakarta,06 maret 2015





Bab 1
Latar belakang kunjungan industri
Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata di negara kita terutama peninggalan–peninggalan sejarah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi salah satu alasan diadakan karya wisata. Karya wisata merupakan suatu kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan olehsekolah kami. Karya wisata tahun ini mengambil objek – objek karya wisatadi Pulau Bali karena di sana banyak terdapat tempat – tempat wisata yangtersohor atau terkenal di Dunia.
Kaitanya dengan karya wisata, kami ditugasi untuk membuat laporan dalam bentuk Karya Tulis mengenai objek–objek wisata yang kamikunjungi di Pulau Bali. Dalam menyusun laporan tersebut, kamimemerlukan data – data yang akurat. Dalam pencarian data–data yangakurat tersebut kami mengalami suka dan duka.

Latar belakang diadakan kunjungan industri ini agar siswa menenal dunia kerja dan siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang jurusan yang diambil.sehingga dapat mengembangkan daya kreasi siswa.




2. TUJUAN
Tujuan khusus:
Untuk memenuhi tugas kunjungan industri 2015
Tujuan Umum:
1.    Penulis ingin memperkenalkan profile objek-objek wisata yang ada di pulau Bali kepada pembaca.
2.    Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.
3.    Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan.
4.    Menanamkan rasa Cinta Tanah Air.
5.    Mengenal kebudayaan Nusantara.
6.    Untuk berlatih menyusun Karya Tulis secara Sistematis.
3. MANFAAT PENULISAN
1.    Sebagai tambahan materi diluar sekolah.
2.    Melatih siswa agar dapat mengolah laporan widaya wisata.
3.    Menambah pembendaharaan pustaka sekolah yang menunjang minat baca siswa agar pengetahuannya lebih luas



Bab 2
Laporan secara umum
bali berasal dari kata “bali”dalam bahasa sansekerta brarti kekuatan dan dari bahasa bali “bali” artinya agar kita tidak melupakan kekuatan kita dan selalu siap untuk berkorban.bali sering disebut pulau dewata karena mayoritas orang bali penduduknya beragama hindu,dan mereka menyembah dewa sebagai perwujudan tuhan yang maha esa,maka di sebutlah pulau dewata.obyek wisata yang kita kunjungi
1.    BEDUGUL
Bedugul Bali, merupakan salah satu objek wisata pilihan di Bali juga. Objek wisata ini terletak di kabupaten Tabanan dan terkenal akan danau dan restorannya. Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya di Bali, dengan suhu kurang lebih 18 drajat celcius, tentu memberikan suasana tersendiri selama liburan di Bali. Tempat wisata Bali ini mirip dengan yang ditawarkan di Kintamani. Pernah ke Kintamani??? Tempat ini juga menawarkan suasana perbukitan dengan suhu sekitar 18 derajat celcius plus danau yang begitu indah.
Bedugul terkenal akan keindahan danau Tamblingan dan andapun bisa menikmati keindahannya dengan menyewa speedboat atau perahu untuk berkeliling danau. Objek wisata ini juga merupakan persinggahan untuk mengunjungi objek wisata lainnya seperti Tanah Lot, Sangeh, Taman Ayun dan tempat wisata lainnya.
Sejarah Bedugul
Bedugul berasal dari kata Bedogol. Bedugul ini adalah danau beratan yang paling dangkal, di daerah danau Bedugul ini banyak terdapat hasil pertanian. Hasil pertanian disini yang paling banyak dijumpai adalah buah buahan dan sayuran. Banyak jenis buah-buahan disini diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan buah manila.
Bedugul itu sebenernya nama sebuah desa. Namun orang sering salah kaprah dengan kata Bedugul. Ada yang bilang Bedugul itu nama danau, nama pura sampe nama pasar. Anggapan itu muncul mungkin karena selain sebagai sebuah desa, Bedugul juga adalah sebuah kompleks. Dalam sebuah area yang kurang lebih berdiameter 5 km, ada beberapa macam tempat yang nyaman buat dikunjungi. Dimulai dari Desa Bedugul sendiri, Kebon Raya, lalu Danau Beratan (danau terbesar kedua di bali), Pura Ulun Danu, sampai Pasar Tradisional. Kebon Raya yang ada disini lumayan luas. Di sini terdapat beratus-ratus spesies tumbuhan, mulai dari yang indah-indah kaya bunga rose sampe yang’horo’ and berduri-duri juga ada.
Danau Beratan juga asik. Selain airnya seger, kita bisa sewa kendaraan air yang bisa dibawa sendiri ato sekalian dibooking ama sopirnya. Kendaraan airnya sendiri beragam. Ada perahu dayung, perahu mesin sampe motor boat,
Kondisi Fisik Bangunan Bedugul
Secara global bangunan yang terdapa pada danau Bedugul ini adalah bersifat kuno atau bersifat khas zaman dahuu. Danau tersebut tempatnya juga bersih dan tidak kotor.
Pembagian-pembagian ruang Bedugul
Bangunan-bangunan yang terdapat di Bedugul yaitu kios-kios tempat penjualan oleh-oleh diantaranya adalah kios buah-buahan, supermarket, tempat bangunan untuk menikmati danau Bedugul.
Pengunjung, Pembeli di Bedugul
Banyak pengunjung yang datang ke danau Bedugul. Turis-turispun banyak yang datang kesana. Disana juga banyak orang yang membeli baju, buah-buahan atau hiasan-hiasan dinding yang tersedia disana. Pengunjung banyak berkunjung kesana kira-kira pada saat hari libur dan Study Tour sekolah.
Sarana Prasarana
Isi dalam danau Bedugul ini salah satunya kapal-kapal laut yang disewakan kepada pengunjung, adapun supermarket dan kios-kios kecil sebagai tempat pengunjung membeli oleh-oleh bagi keluarga.
Pedagang
Didaerah danau Bedugul banyak penjual yang menjual berbagai buah-buahan hasil pertanian disana dan berbagai baju, ukir-ukiran khas Bali, penjual disanapun sangat ramah dan tlaten melayani pembeli. Barang-barang yang dijual disana amat mahal tetapi kalau kita bisa menawar mungkin harganya jauh lebih murah dari pada harga semula. 
2.    JOGER
Joger adalah pabrik kata-kata. Tidak salah memang banyak orang menyebutnya begitu. T-shirt yang diproduksi Joger memang berisi kata-kata yang lucu, “nyeleneh”, nakal dan membuat orang menjadi penasaran akan maknanya.
Kenapa bernama Joger? Menurut pemiliknya, Joseph Theodorus Wulianadi, yang cukup lama tinggal di Bali dan pernah berprofesi sebagai tour guide ini, nama Joger diambil dari gabungan namanya sendiri dan sahabatnya “Gerard”. Modal untuk memulai usaha ini didapat dari hadiah pernikahan Bapak Joseph di tahun 1981 dari Bapak Gerard.
Kini tiap musim liburan atau tidak, toko T-shirt yang satu ini selalu ramai dan bikin macet kawasan jalan Raya Kuta, belakang Supernova. Letaknya itu sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Kuta, cuma kadang-kadang masalahnya parkir mobil yang susah, apalagi kalau musim liburan. Selain itu Joger mempunyai cabang atau yang disebut teman Joger di Baturiti.
3.    tari barong .
tari barong adalah tarian khas bali yang berasal dari khazanah kebudayaan pra-hindu yang menggambarkan pertarungan antara kebijakan (daharma) dan kebatilan (adharma)
4.    pantai pandawa
 adalah salah satu obyek wisata di bali yang digunakan untuk upacara hindu.konon katanya jika berkunjung ke bali belum berkunjung ke pantai pandawa belum sah ke bali.disini pantainya masih terjaga
5.    KRISNA BALI
KRISNA BALI berdiri untuk pertama kalinya pada tanggal 16 Mei 2007 dengan pendirinya bernama Bapak Gusti Ngurah Anom yang sekaligus owner dari COK KONFEKSI, salah satu pusat produksi baju kaos Bali. Dibawah manajemen Cok Konfeksi inilah bermula sehingga pada tahun 2007 berdirilah KRISNA BALI yang bertempat di Jalan Nusa Indah No 79 Denpasar-Bali.
Kini Krisna Bali telah hadir di 2 lokasi lain, yaitu di Jl. Nusa Kambangan dan yang satu lagi sangat mudah dijangkau di Jl. Sunset Road, Legian. Kalau lokasi di jl. Nusa Kambangan, cukup sulit akses ke sana karena sering macet, jalan masuk juga tidak terlalu besar apalagi pakai bus.
Krisna Bali memiliki koleksi yang lengkap mulai dari T-shirt yang lengkap dengan motif-motif khas Bali, souvenir, makanan dan lainnnya.
Lokasi di Jalan Sunset Road menjadikan Krisna Bali sangat mudah diakses. Fasilitas parkir super luas, karena seramai apapun, belum pernah liat penuh parkirnya. Bandingkan dengan Joger yang hampir tidak ada fasilitas parkirnya dan sering bikin area sekitar macet. Sekedar usul sih Joger sepertinya lebih bagus kalau mencari tempat nyaman kaya Krisna.
Fasilitas lain yang dimiliki Krisna Bali adalah ruang belanja yang nyaman, food court, refresh area dan lain-lain. Lengkap kan? Buat yang nunggu istri atau teman belanja, bisa menghabiskan waktu dengan makan dan minum atau duduk-duduk santai.

6.    PANTAI KUTA
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.
Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.
Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti lapangan udara ngurah rai terletak tidak jauh dari Kuta.
Hutan pala sangeh
Hutan sangeh terkenal dengan hutan monyet yang terdapat ratusan monyet yang cukup jinak.berdasarkan sejarah,pura bukit sari terkait erat dengan mengwi ngawi,dan dibangun oleh anak agung anglurah made karang asem sakti,yang merupakan anak angkat dari raja mengwi cokorda sakti blambangan.anak agung anglurah made karang asem sakti melakukan tapa rere.yaitu bertapa seperti bayi/anak-anak dan mendapat ilham untuk membuat pelinggih atau pura di hutan pala sangeh,yang saat ini dikenal sebagai pura bukit sari yang berada di tengah hutan pala.selain di kenal dengan 600 ekor kera abu-abu hutan sangeh juga terkenal karena pohon lanang wadon.

laporan kunjungan industri di bali

nama perusahaannya adalah ketut sukayana
alamat: di jl.majapahit gang mawar no 2
nma pimpinan perusahaan: ketut sukayana
 tahun berdiri: sejak 2010
jumlah karyawannya:4 orang
barang yang diproduksi:membuat wayang kulit,wayang kayu,suling,wayang golek,dll.
Bahan bakunya dari : bahan kulit dari daerah bali
sistem penjualanya:di jual langsung di rumahnya
harga rata-rata yang di jual di sana: 500 ribu
produk yang dihasilkan tiap harinya: 2
produk yang menjadi primadona disana adalah: wayang bali




  bab 3
penutup
kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut :
1.    Objek wisata di pulau Bali memiliki karakteristik / daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut yang membuat pulau Bali dijadikan sebagai tempat berlibur maupun sebagai tempat kunjungan Study Tour.
2.    Pesona alam serta kebudayaan yang ada di pulau Bali membuat wawasan peserta Study Tour akan kebudayaan Nusantara bertambah.
3.    Keunikan dan ciri khas tersendiri dari pulau Bali membuat Indonesia semakin terkenal di dunia luar serta menghasilkan devisa yang besar bagi Indonesia.
4.    Dalam Study Tour ini peserta dapat lebih memahami dan menghormati budaya-budaya yang masih kental yang berada di Indonesia serta dapat mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membeda-bedakan golongan, ras, budaya, dan agamanya.
Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak keindahan alam dan kebudayaannya yang khas khususnya budaya seni tari dan seni pahat. Oleh karena itu, banyak wisatawan domestik maupun luar negeri yang ingin mengunjungi pulau ini. Tujuan mereka datang berkunjung salah satunya adalah untuk melihat dari dekat bagaimana sosok Bali yang sebenarnya dan mempelajari budaya – budaya Bali khususnya seni tari dan seni pahat.
Selain budaya dan panorama alam yang disebutkan di atas ada juga budaya yang tidak kalah menariknya yaitu upacara adat yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Bali yang mayoritas beragama Hindu. Di sana apabila ada orang yang meninggal sering sekali diadakan Upacara Ngaben atau pembakaran mayat. Upacara Ngaben ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara masal atau secara individual bagi keluarga yang mampu. Kebanyakan dalam pelaksanaan Upacara Adat sering disajikan tarian – tarian khas dari Pulau Bali.
Saran
1.pilih lah obyek wisata yang lebih menarik dari pada yang kemarin karena di bali masih banyak obyek wisata yang lebih menarik
2.berilah siswa waktu luang yang sangat cukup untuk menikmati keindahaan yang ada di obyek wisata
3.buat jurusan mohon pertimbangkan dengan matang perusahaan mana yang akan di kunjungi seperti kemaren yang hanya home indusri  yang sebetulnya lebih bagus di jogja perusahaannya
4.tolong pertimbangkan keselamatan siswa smk 5 dengan menyewa bus yang lebih bagus dari kemaren
5.tolong beda kan hari kunjungan industri dan hari santai


laporan ini disusun untuk mempertanggung jawabkan kunjungan industri ke bali .dan sesuai tugas yang telah disampaikan pada siswa untuk mempuat laporan setelah usai kunjungan industri.saya harapkan laporan ini akan di terima 

3 comments:

  1. Jackpot City Casino Site
    Jackpot City Casino is a fully regulated online luckyclub casino operated by the Kahnawake Gaming Commission under the Kahnawake Gaming In our opinion Jackpot City is a very safe

    ReplyDelete
  2. Best Mobile Casino Apps for 2021
    Casino Sites – Top Mobile Casino Apps · 1. InterTops – webforno.com Best Mobile 모바일 벳 365 Casino Site · 슬롯 가입 쿠폰 2. Vegas Slots – Best Mobile 승인 전화 없는 꽁 머니 사이트 Casino App · 3. Wild 백 스트레이트 Casino –

    ReplyDelete
  3. Casino and Gaming in New York - JTAHub
    Gaming in New 광주광역 출장안마 York is an entertainment destination in New York City. It is 순천 출장마사지 operated 구리 출장샵 by MGM Resorts 원주 출장안마 International and 동두천 출장안마 operates on a casino

    ReplyDelete